rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

18/03/11

1. Rancang Bisnis Dengan Tepat


1.Target Pasar
Jika anda akan memproduksi / menjual sesuatu barang atau jasa anda harus mengerti siapa konsumen yang akan membeli / memakai produk yang akan anda tawarkan. Untuk menjangkau ‘target market’ aturan strateginya adalah berikut ini:

ANDA HARUS MENJADI ‘TARGET MARKET’ ANDA

Apa maksudnya? Maksudnya tempatkan diri Anda seperti kastemer Anda. Contohnya adalah, Kalau Anda menjual software, Dan Anda adalah pasarnya, Anda pasti pergi ke tempat di mana ada software bukan? Artinya juga, pergilah ke tempat di mana orang-orang menjual apa yang mereka butuhkan di Internet. Memang salah satunya adalah dengan mendaftarkan situs Anda di Situs Pencari, namun saya kasih tahu Anda sejujurnya bahwa Anda dapat menghabiskan waktu Anda hanya untuk mencapaii di urutan pertama dari situs pencari tersebut. Karena itu pergilah ke tempat di mana calon prospek Anda sering berkumpul. Pengalaman saya membuktikan bahwa jika seseorang berminat akan sesuatu, pasti mereka mau menjadi bagian darinya artinya mereka mau berinteraksi dengan orang-orang lain yang memiliki minat yang sama.

2 Kemampuan Pesaing
Sebelum melakukan bisnis sudah tentu anda mencari tahu berita maupun seluk beluk tentang bisnis yang akan anda lakukan, terutama mengenai pesaing dalam bisnis anda.Pengusaha harus mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:
* Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru
* Pengalaman keberhasilan dalam mengembangkan produk baru
* Dukungan keuangan
* Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar

Kemampuan pesaing untuk mempertahankan posisi pasar dapat dievaluasi dengan mengamati kelemahan-kelemahan dan resiko pesaing dalam menanamkan modal barunya.
Pintu peluang usaha baru dapat diperoleh dengan cara (Zimmerer):
* Produk baru harus segera dipasarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat
* Kerugian teknik harus rendah
* Bila pesaing tidak begitu agresif untuk mengembangkan strategi produknya
* Pesaing tidak memiliki teknologi yang canggih
* Pesaing sejak awal tidak memiliki strategi dalam mempertahankan posisi pasarnya
* Perusahaan baru memiliki kemampuan dan sumbe-sumber untuk menghasilkan produk barunya


3 Sumber daya, Resiko dan Perkembangan Bisnis yang Anda Lakukan
Pastikan bisnis online yang akan anda lakukan memakai sumber daya yang mempuni sehingga bisnis yang akan anda bangun terorganisir dengan baik dan mempunyai pondasi yang kuat sehingga tidak mudah goyah oleh factor – factor eksternal yang tidak mendukung. Pastikan bisnis yang akan anda lakukan memiliki resiko yang kecil dan mempunyai kemajuan / perkembangan yang signifikan untuk kedepan.

4 Membagun Loyalitas Konsumen
Konsumen adalah titik nadir dalam bisnis anda, jika tidak ada konsumen maka bisnis sebaik apapun dengan sumber daya secanggih apapun tidak akan berkembang dengan baik. Untuk itu kita perlu mendapatkan loyalitas konsumen dengan cara terus mempertahankan kwualitas barang / produk kita, memberikan bonus atau potongan terhdap konsumen, memberikan perhatian kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas dan akan memakai produk / jasa kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar